“Despacito”, Berkah Bagi Puerto Rico

Salah satu lagu paling populer yang jumlah “view” video klipnya di YouTube hampir menyamai rekor dari video klip “Gangnam Style” milik Psy adalah lagu yang diciptakan dan dibawakan oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee. Kedua musisi dari Puerto Rico ini menjadi pesohor setelah lagu berirama Latin mereka, “Despacito” merajai berbagai tangga musik di dunia.

Justin Bieber, salah satu artis kondang di Amerika Serikat yang populer berkat YouTube, juga turut mendongkrak kesukesan mereka setelah menjadi penyanyi tamu dalam edisi “remix” yang berbahasa Inggris.

Pembuatan video klip “Despacito” (artinya, “perlahan”) dilakukan di Puerto Rico. Dengan irama khas Latin yang rancak dan lokasi-lokasi pengambilan gambar yang eksotis, video klip ini tak hanya membuat penyanyinya meroket, namun juga sangat berperan dalam perekonomian negara Puerto Rico sendiri, yang pada bulan Mei 2017 menyatakan bangkrut dalam rangka menata kembali perekonomiannya dari awal.

Bagaimana bisa sebuah lagu bisa membantu perekonomian negara? Rupanya salah satu syair berbahasa Inggris yang dinyanyikan bersama dengan Justin Bieber menginspirasi para pelancong untuk berwisata ke negara tersebut.

“This is how we do it in Puerto Rico”, demikian bunyi syairnya.

Berkat syair tersebut, para turis berbondong-bondong ke Puerto Rico, dan biro-biro perjalanan wisata dengan sigap menjadikan lokasi-lokasi syuting video klip lagu tersebut sebagai titik-titik tujuan wisata. Mungkin mirip dengan “napak tilas” lokasi syuting film “Ada Apa Dengan Cinta 2” di Jogja yang sempat “booming” beberapa waktu lalu (dan tampaknya masih diminati hingga sekarang).

Hasilnya, di awal bulan Juli 2017, dilaporkan bahwa telah terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara hingga 45 persen. Lokasi-lokasi syuting seperti Club La Factoria dan distrik La Perla menjadi tujuan-tujuan utama dari kunjungan mereka.

“Despacito”, sesuai artinya, secara perlahan namun pasti menjadi berkat dan membawa pengharapan baru bagi perekonomian Puerto Rico. Semoga negeri ini dipulihkan dari kelesuan dan meraih kegembiraan sebagaimana digambarkan dalam video klip yang telah ditonton oleh lebih dari 2,4 miliar pengguna YouTube ini:

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.