Bertumbuh Melalui Pendengaran

“Iman timbul dari pendengaran dan pendengaran oleh firman Kristus,” demikian tulis rasul Paulus dalam surat penggembalaannya kepada jemaat di Roma (10:17). Selain membaca dan merenungkan kitab suci serta berkomunikasi dengan Tuhan melalui doa, kita juga bisa bertumbuh melalui mendengarkan khotbah atau renungan, baik secara “offline” (di gereja, persekutuan sekolah/kampus/kantor, KKR, dsb.), maupun secara “online” (rekaman khotbah di internet).

Salah satu cara saya untuk bertumbuh melalui pendengaran adalah mendengarkan rekaman khotbah yang saya unduh dari internet. Saya biasa mendengarkan rekaman khotbah di rumah melalui pemutar mp3 atau dalam perjalanan dari dan atau menuju kantor. Bambang Noorsena yang banyak membahas mengenai Alkitab dari sudut pandang sejarah dan budaya, sekaligus meluruskan berbagai kesalahpahamaan mengenai iman Kristen; Ravi Zacharias yang banyak berbicara tentang keabsahan pandangan iman Kristen dari sisi filsafat; Timothy Keller, dan pengkhotbah-pengkhotbah lain masuk ke dalam “daftar putar” di album musik ponsel saya.

Selain mengunduh langsung dari situs (misalnya, rzim.org), saya biasanya mengunduh rekaman-rekaman khotbah dari para pembicara tersebut dari YouTube. Agar dapat langsung mengunduh dalam bentuk file mp3, saya memanfaatkan situs yang menawarkan konversi langsung dari video (YouTube) ke format mp3. Salah satu yang sering saya kunjungi adalah http://convert2mp3.net/en/. Cukup dengan menyalin dan menempelkan (copy & paste) tautan video YouTube ke kolom yang disediakan, kita bisa mengunduh langsung file mp3 dari situs tersebut.

Oh iya, saya juga telah mengumpulkan file-file mp3 dari rekaman khotbah pak Bambang Noorsena di Dropbox. Silakan unduh secara cuma-cuma dan dengarkan di waktu senggang: https://www.dropbox.com/sh/r90ggk4pdpeggek/AADxABZFJYXSqKKuoHLRBzv4a?dl=0.

Internet memiliki banyak sekali hal yang ditawarkan, namun kita sebagai “konsumen” berhak memilih dan menentukan apa saja yang perlu dan berguna bagi hidup kita. Salah satunya, rekaman-rekaman khotbah dari orang-orang yang telah teruji iman dan ilmunya, yang menolong kita bertumbuh di dalam pengetahuan maupun iman kita kepadaNya.

Satu pemikiran di “Bertumbuh Melalui Pendengaran”

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *